Pertama kali diadakan di Sulawesi | Pelatihan SDM Kepariwisataan

AKBIDMUHPLP. Baru kali ini diadakan pelatihan dasar SDM kepariwisataan bagi mahasiswa (Pariwisata Goes to Campus) dan ini juga pertama kali diadakan di Sulawesi Selatan.

Kegiatan pelatihan dasar yang disponsosri langsung oleh Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Industri Pariwisata dibawah naungan Kementrian Pariwisata ini merupakan pertama kali diadakan di Sulawesi Selatan.

Hadir dalam keikutsertaan sebagai peserta pelatihan kali ini sekitar 275 orang dari berbagai instansi yang ada di Luwu Raya. Yang hadir dalam kegiatan ini ada dari Amran, SE (anggota DPR-RI komisi X bidang pendidikan), Kemal Akbar Khalikal Isbah, A.Md.,S.Sos.,MM. (Kementrian Kepariwisataan) dan Ka. Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Kota Palopo dalam hal ini adalah Andi Enceng Amir, SE.,M.Si. Analis Kebijakan Kemenpar RI – Sulawesi oleh Bapak Drs. Rinto Taufik Tampubolon

Kegiatan ini berlangsung mulai dipagi hari hingga sore hari yaitu pada Jumat tanggal 14/09/2018 yang bertempat di gedung MCC Kampus AKBID Muhammadiyah Palopo yang kebetulan juga merupakan partner bagi lembaga Kementrian Pariwisata. Akademi Kebidanan Muhammadiyah Palopo dipilih karena kondisi kota palopo sangat menjanjikan untuk diubah sebagai kota pariwisata karena wilayahnya yang sering dikunjungi oleh wiisatawan asing maupun lokal. Dalam hal ini pula Amran, SE mengatakan bahwa peran DPR-RI khususnya yang membidangi pariwisata sangatlah penting karenanya semua sudah terkoordinir dilembaga yang bersangkutan.

Amran, SE juga mengatakan mengapa kegiatan ini tidak dilaksanakan dikota makassar, pare-pare, bone, sidrap ataupun kota yang lainnya karena dikota palopo baru dalam hal ini jadi dari kementrian pariwisata berusaha mengolah kota palopo menjadi kota pariwisata yang tentunya akan menarik wisatawan asing maupun lokal untuk mengunjungi kota palopo ini. Tutupnya.

Pada kesempatan ini pula Amran, SE selaku anggota DPR-RI Komisi X Bidang Pendidikan diberikan kesempatan untuk membuka kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi mahasiswa.

Dalam sambutan lainnya dalam hal ini Kepala Subbidang Sertifikasi Kompotensi ASDEP Pengembangan SDM Pariwisata & Hubungan antar Lembaga oleh Bapak Kemal AKBAR Khalikal Isbah, A.Md.,S.Sos.,MM mengatakan bahwa potensi yang ada dikota palopo sangat menjanjikan untuk disulap menjadi kota wisata dan religi dikarenakan kota palopo memiliki masjid tua yaitu Masjid Jami’ dan mini merupakan salah satu sumber devisa bagi kota palopo karena masjid ini sering dikunjungi oleh berbagai wisatawan baik asing maupun lokal, info ini dia dapatkan dari pengurus masjid jami tua palopo. Beliau juga sangat berterima kasih kepada AKBID Muhammadiyah Palopo selaku partner yang baik untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan dasar SDM kepariwisataan ini. Tutupnya.

Pada kesempatan lain pula Direktur AKBID Muhammadiyah Palopo dalam sambutannya mengajak para mahasiswa bekerjasama dalam hal mengupayakan kebersihan dan keramahan untuk pengolahan kota palopo menjadi kota yang dapat dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Ibu Hikma, S.ST.,SKM.,M.Kes. juga berterima kasih kepada kementrian pariwisata atas kepercayaan yang diberikan sebagai tempat terlaksananya kegiatan Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan ini. Tutupnya.

 

admin: AKBIDMUHPLP

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *